5 Cara Mengajari Anak Membaca, Cepat dan Menyenangkan

Januari 10,2018

belajar membaca
cara mengajari anak membaca, www.parentsindia.com
Cara mengajari anak membaca adalah salah satu hal yang harus mendapatkan perhatian dari orangtua. Meskipun kurikulum yang dikeluarkan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan menjelaskan kalau anak saat duduk di bangku playgroup atau taman kanak-kanak tidak diperbolehkan untuk belajar CALISTUNG ( membaca, menulis dan menghitung), pada kenyataannya kita seringkali dipusingkan karena masih banyak sekolah-sekolah dasar yang hanya menerima anak yang sudah menguasai CALISTUNG bahkan diadakan pula tes untuk menguji kemampuan anak tersebut.

Cara Mengajari Anak Membaca

Ada banyak orangtua yang mengupayakan agar anak balitanya yang masih duduk di bangku taman kanak-kanak untuk bisa membaca dengan lancar dengan berbagai alasan. Takut tertinggal dari anak yang lain, takut tidak bisa diterima di sekolah favorit, takut anak tidak bisa mengikuti pelajaran yang memang seolah didesain hanya bisa diikuti oleh anak yang sudah lancar membaca, dan berbagai jenis kekhawatirannya. Akhirnya apa yang terjadi, hari-hari si Balita mulai terisi dengan berbagai les tambahan untuk memperlancar kemampuan membacanya.
Apakah hal seperti itu salah? Ya, jika memang dipaksakan dan tidak melihat kemampuan tiap anak. Tapi bisa jadi tidak salah, asalkan dilakukan dengan mengandalkan kreatifitas. Misalnya proses belajar membaca dilakukan sembari bermain dan dibuat menyenangkan. Cara-cara kreatif seperti ini harus Mak lakukan agar anak tidak merasa terbebani dengan “target” mampu membaca, tapi justru anak akan merasa senang dan bahagia.

5 Cara Menyenangkan Mengajari Anak Membaca

Mengajarkan hal yang baru bagi anak, membutuhkan tingkat kesabaran ekstra baik bagi guru maupun orangtua. Ingat ya Mak, tidak boleh ada unsur paksaan apalagi tekanan saat mengajarkan anak membaca. Orangtua juga tidak bisa hanya menyerahkan sepenuhnya kepada sekolah, sebaliknya orangtua juga harus berperan aktif untuk mengajari anak membaca dirumah. Berikut ini ada 5 cara yang bisa Mak lakukan untuk mengajari anak membaca dengan cara yang menyenangkan.

Membaca Buku Cerita
Hampir setiap anak pasti menyukai membaca buku, apalagi buku yang menarik dengan berbagai gambar dan karikatur. Jadi, pilihkan buku cerita bergambar. Pada mulanya, membaca dilakukan untuk membantu si kecil menambah perbendaharaan kata nya, sehingga nanti saat dikenalkan pada kata-kata, anak sudah tidak asing lagi mendengarnya. Di fase selanjutnya saat kemampuan membaca anak sudah mulai terasah, Mak bisa ajak anak untuk membaca setiap kata yang tertulis dalam buku ceritanya sambil menceritakan keseluruhan cerita yang ada.

Menggunakan Media Kartu Baca
Kartu baca atau yang lebih dikenal dengan flash card adalah salah satu media yang bisa Mak gunakan untuk mengajari anak dengan cara yange menyenangkan sambil bermain. Kartu baca bergambar ini biasanya sangat disukai anak-anak. Ada beragam jenis flash card, misalnya kartu yang berisikan nama-nama hewan, benda di sekitar kita, buah, sayuran, angka, abjad,huruf hijaiyah dan lain sebagainya. Dengan menggunakan Flash card, Mak bisa mengenalkan setiap objek, angka dan huruf kepada anak. Tidak hanya mengenalkan objek atau benda, kini tersedia juga berbagai pilihan flash card yang mengenalkan suku-suku kata, sehingga secara langsung mengajai anak untuk bisa mahir membaca.

Membaca sambil bernyanyi
Mau mengenalkan huruf-huruf kepada anak? cara nya mudah sekali, bernyanyilah. Meskipun suaranya gak  terlalu bagus, itu sama sekali bukan masalah Mak. Yang terpenting, anak sangat suka bernyanyi. Jadi yuk sering-seringlah ajak si kecil bernyanyi  lagu abjad/ huruf, pasti dalam waktu singkat anak sudah mahir mengenali dan hafal setiap huruf.

Belajar Menggunakan Karpet Huruf
Ada berbagai pilihan media yang bisa Mak gunakan untuk mengajari anak membaca, salah satunya memanfaatkan karpet huruf. Pilihlah karpet yang berdesainkan huruf-huruf, jadi saat anak bermain diatasnya secara tidak langsung Mak juga bisa ajak anak untuk mengenali dan menghafal setiap huruf yang terttulis diatasnya.

Membaca Via Gadget
Ini cara yang bisa jadi paling menyenangkan untuk anak, tapi harus tetap dibatasi penggunaannya. Gagdet memiliki berbagia fitur menarik yang bisa Mak manfaatkan sebagai media pembelajaran. Melalui gadget, Mak bisa mengunduh berbagai aplikasi pembelajaran di playstore, googlestore atau bbm store. Jangan lupa untuk selalu  mendampingi si kecil saat menggunakan gadget dan batasi lama penggunaannya ya. Terlalu lama menggunakan gadget, justru bisa memberikan dampak dampak negatif lainnya.
Jadi Mak, cara mengajari anak membaca tidak serumit yang dibayangkan. Sabar dan kreatif jadi kunci keberhasilan membuat anak pandai membaca dengan tanpa paksaan bahkan sangat menyenangkan. Selamat mencoba ya.

Semog Artikel ini bermanfaat buat para bunda.....

Comments

Popular posts from this blog

37 Tempat Wisata di Jember Terbaru yang Lagi Hits 2019

Tempat Wisata Tersembunyi di Bali dengan Pemandangan yang Sangat Indah

10 LANGKAH IBU PINTAR UNTUK ANAK CERDAS